Pentingnya Customer Service untuk Bisnis Anda

Pentingnya Customer Service untuk Bisnis Anda

featured image
Pentingnya Customer Service untuk Bisnis Anda
               Relasi dengan pelanggan tidak berakhir begitu saja setelah barang atau jasa dikirimkan ke customer, malahan justru baru akan dimulai. Sebuah tim after sales yang baik dapat mengembangkan atau menghancurkan visi perusahaan saat memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Cukup penting membuat pelanggan anda puas dan bahwa mereka tahu perusahaan tidak mengambil klien mereka begitu saja. Sebagian besar perusahaan memiliki titik pusat untuk urusan after sales namun teknologi sekarang memungkinkan untuk komunikasi jarak jauh, customer service sekarang diciptakan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan.

               Sebuah usaha kecil biasanya memiliki satu customer service terpusat yang bertanggung jawab atas semua masalah tetapi perusahaan besar memiliki beberapa orang untuk mengurus berbagai kebutuhan. Ada beberapa perusahaan memiliki customer service sendiri namun ada juga yang outsourcing dari perusahaan lain yang menyediakan layanan ini baik dari dalam negeri atau luar negeri. Perhatikan bahwa pelanggan yang mendapatkan manfaat dari customer service mungkin adalah klien perusahaan sekarang yang telah membeli barang / jasa atau karyawan sendiri. 
Berikut ini alasan mengapa customer service untuk pelanggan penting:
1) Kepuasan Pelanggan. Ketika customers anda puas dapat dibilang bahwa customer service telah memberikan keuntungan untuk bisnis Anda. Bertambahnya pelanggan yang senang biasanya mengarah kepada peningkatan pendapatan karena pelanggan yang senang dengan dukungan resepsionis anda biasanya akan kembali dan bahkan merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada orang lain.
2) Meningkatkan kualitas. Ketika pelanggan anda meminta bantuan ke customer service anda, perusahaan diberi suatu kesempatan untuk melihat masalah tersebut dan menggunakan informasi yang ada untuk meningkatkan kualitas barang dan jasa.
3) Meningkatkan Ketrampilan bagi mereka yang menangani masalah. Anggota staf customer service akan menjadi ahli di areanya dalam meningkatkan respon dan memecahkan masalah.
Karyawan yang tahu bahwa mereka memiliki dukungan departemen yang handal akan senang dan puas di tempat kerjanya . Ini adalah beberapa alasan internal dukungan customer service juga bermanfaat untuk bisnis Anda:
a) Bekerja lebih efisien. Ketika suatu email masuk ke customer service akan dijamin bahwa masalah dari email masuk ini akan diselesaikan dalam waktu singkat. Karyawan tidak perlu meninggalkan area kerja mereka pergi mencari seseorang untuk dibantu. Hanya butuh waktu beberapa menit untuk melaporkan masalah ini melalui email dan waktu bisa difokuskan untuk yang lain.
b) Multitasking yang lebih pintar. tim support Anda dapat mengerjakan beberapa masalah sekaligus. Mereka dapat menentukan area mana yang bermasalah, mengunjungi lapangan bila diperlukan, dan menyelesaikan masalah di area tertentu.
c) Melacak masalah dari suatu tuntutan berkali-kali. Bila Anda memiliki sistem customer service yang handal, Anda dapat melacak masalah tersebut dengan cepat.
d) Kemampuan untuk memprioritaskan masalah. Masalah yang berbeda memerlukan berbagai tingkat prioritas yang berbeda pula. Ketika customer service anda secara visual menyadari tiket yang tersedia, masalah yang lebih penting akan ditangani dengan segera.
e) Tugas yang jelas. Ketika anggota tim support anda tahu jelas mengenai tugas masing-masing, akuntabilitas juga menjadi jelas. Sebuah sistem customer service yang baik secara otomatis akan memberikan tiket ke teknisi yang benar sehingga menghindari kesalahan dan saling menyalahkan.
f)  Masalah yang berulang kali diselesaikan segera. isu-isu sebelumnya dicatat dalam database customer service sehingga ketika masalah yang sama timbul, bagaimana hal itu ditangani sebelumnya dapat dengan mudah diambil dan diselesaikan. Jika masalah yang sama berulang, Anda akan tahu bahwa sesuatu harus sudah diubah atau diperbaiki secepat mungkin untuk menghindari terulang di masa depan.
Customer service, entah untuk pelanggan Anda, internal perusahaan, atau keduanya tetap terbukti bermanfaat bagi bisnis Anda. Seperti dalam menjalin setiap hubungan, salah satu kunci untuk tetap langgeng adalah komunikasi. Sebuah tim support untuk resepsionis disediakan agar pelanggan dan pengguna dapat mengomunikasikan masalah mereka tentang produk / jasa atau sistem internal. Sebagai gantinya setelah menyelesaikan masalah tersebut, perusahaan dapat meninggalkan kesan image yang baik.
Source : http://www.business2community.com/customer-experience/help-desk-important-business-01096771#K4QAGifLV07eBSyj.99
2017-05-24 10:44:00  | by Team | Jasnita News

Komentar

Postingan Populer