Ini Penyebab Hidung Meler Tiap Kali Makan Pedas Padahal Lagi Nggak Pilek

Ilustrasi
Lo pasti sering ngalamin nih.
Konon katanya mayoritas orang Indonesia suka makan makanan pedas. Pokoknya makan apa aja harus ada cabe atau sausnya. Kalo nggak ada, rasanya belom adol. Ya nggak? Ngomong-ngomong soal makanan pedas, P! jadi inget sesuatu nih. Tiap kali lagi kepedesan selain nyari minum dan mukanya memerah, orang biasanya mendadak ingusan. Iya nggak? Lo pasti gitu juga kan? Walaupun lo lagi sehat sesehat sehatnya alias nggak lagi pilek, hidung lo tetep ngeluarin ingus. Kok bisa gitu yah? Apa makanan pedas bisa menyebabkan pilek? Tahan, nak. Semua pertanyaan itu bakal segera terjawab.
Via Mommyish
Ternyata oh ternyata cabe dan tumbuhan genus capsicum punya dua zat kimia bernama capsaicin dan allyl isothiocyanate. Dua zat itulah yang menjadi sumber utama rasa pedas yang lo rasakan. Saat dua zat itu ketemu sama reseptor rasa, sensasi pedas bakal muncul. Pada saat yang bersamaan dua zat itu juga mengakibatkan iritasi jaringan mukosa yang ada di tenggorokan, mulut, dan hidung lo. Pada saat terjadi iritasi, membran mukosa akan langsung ngasih respon gesit yaitu dengan memproduksi lendir. Tujuannya apa? Lendir itu dikeluarkan sebagai bagian dari usaha buat melindungi diri dari zat berbahaya dan mencegah biar zat itu nggak masuk ke saluran pernafasan. Lalu, lendir itu dikeluarkan lewat hidung lo dalam bentuk ingus.
Via Delish
Satu hal lagi nih yang menarik terkait ingus dan makanan pedas. Pernah nggak lo ngerasa pengen makan pedas saat lagi meriang, hidung mampet, atau mau pilek? Setelah makan pedes rasanya plong dan lebih baik. Pernah ngerasa kayak gitu nggak? Harusnya sih pernah soalnya capsaicin dan allyl isothiocyanate emang bisa bikin udara yang masuk ke hidung jadi lebih banyak saat hidung lo tersumbat. Kalo masih nggak percaya, coba deh makan pedes saat hidung tersumbat. Cuma lo kudu inget, jangan makan secara berlebihan.

Sumber : Provoke-online.com

Komentar

Postingan Populer