Fungsi NFC (Near-field communication)

Fungsi NFC yang Banyak Orang Belum Tahu
Pernah dengar teknologi NFC? Jika belum, baca artikel yang satu ini, karena fungsi NFC sudah mulai banyak digunakan lho!
Fitur NFC (Near-field communication) makin kesini makin populer digunakan oleh para penggiat gadget dan teknologi. Ini semua karena makin banyak perangkat yang juga memanfaatkan fitur NFC di dalamnya. Jadi, sekarang orang-orang seperti semakin dituntut untuk memanfaatkan fungsi NFC.
Tapi, bagi sebagian orang mungkin teknologi yang satu ini masih terasa asing di telinganya. Padahal, smartphone zaman sekarang kebanyakan sudah mempunyai fitur NFC di dalamnya. Maka dari itu, kali ini JalanTikus akan membagikan ke kamu, apa saja yang bisa kamu lakukan dengan fitur NFC.

Fungsi Nfc 1
Sebelum kita mulai, JalanTikus akan menjelaskan sedikit tentang apa itu NFC. NFC adalah sebuah teknologi pengembangan dari Bluetooth dan juga RFID yang juga singkatan dari Near-field communication. Fitur NFC juga bisa diartikan sebagai teknologi modern yang dapat memindahkan data secara cepat dalam jarak dekat, tanpa menggunakan kabel.

1. Transfer File

Fungsi Nfc 2
Ini adalah salah satu manfaat yang paling umum dari NFC yang ada di smartphone. Kamu dapat mentransfer file yang ada di smartphone kamu ke smartphone teman kamu hanya dengan menempelkan kedua smartphone tersebut. Tapi, selain smartphone kamu yang punya fitur NFC, smartphone teman kamu pun juga harus mempunyai fitur ini.

2. Untuk Perbankan

Fungsi Nfc 3
Selain transfer file, kamu juga dapat melakukan segala macam hal perbankan dengan memanfaatkan fungsi NFC. Contohnya seperti melakukan pembayaran, walaupun di Indonesia belum bisa digunakan sih. Tapi, kamu bisa memanfaatkan teknologi NFC untuk mengecek dan mengisi ulang kartu uang elektronik dengan aplikasi bank terkait lho!

3. Membuka Lockscreen Smartphone

Fungsi Nfc 4
Seperti yang pernah JalanTikus bahas di artikel yang satu ini, kamu dapat menggunakan e-KTP untuk membuka lockscreen smartphone kamu dengan memanfaatkan fitur NFC lho. Caranya lengkapnya sendiri bisa kamu baca di artikel di atas yaaa!

4. NFC Tag

Fungsi Nfc 3
Ada sebuah teknologi yang dapat dipadupadankan dengan NFC dalam smartphone kamu bernama NFC Tag. Teknologi ini bisa membuat kamu membuka aplikasi, mengirim pesan, telepon dengan hanya menempelkan smartphone kamu pada NFC Tag saja. Selain itu, NFC Tag sendiri sudah dimanfaatkan untuk beberapa sektor, seperti pada toko-toko ataupun perusahaan untuk menunjukkan detail harga dan barang, dan juga menandai lokasi.

Akhir Kata

Itulah pengertian dari NFC dan juga fungsi NFC yang banyak orang belum tahu. Nah, mungkin dengan membaca artikel ini, kamu mulai dapat memanfaatkan fitur NFC yang ada di smartphone kamu. Karena, dalam beberapa tahun kedepan pastinya NFC sendiri akan semakin luas dimanfaatkan dalam kehidupan. Jadi, mulai terbiasalah menggunakan NFC ya!
Sumber : LINE Today
Jalantikus.com 

Komentar

Postingan Populer